Sabtu, 19 November 2016

Muslim Desak Hagia Sophia Dibuka untuk Sholat

"Muslim Desak Hagia Sophia Dibuka untuk Sholat Beberapa ribu umat muslim di Istanbul turun ke jalan sebagian minggu lantas. Mereka diberitakan tengah menuntut hak untuk diijinkan melaksanakan ibadah di Hagia Sophia. Satu bangunan menjulang yang dulunya dipakai sebagai Gereja Byzantium serta saat ini beralih manfaat jadi museum.

Seseorang imam memimpin doa di depan gedung besar itu. Dahulu gedung ini pernah jadi tempat melaksanakan ibadah untuk beberapa orang Basilika Ortodoks Yunani yang pada akhirnya diputuskan sebagai museum.

Tetapi, gagasannya tempat itu bakal digunakan kembali sebagai tempat beribadah untuk umat muslim.   " Biarlah rantai beristirahat, buka Hagia Sophia, " sepenggal kalimat ini selalu dinyanyikan beberapa orang yang berkumpul di Plaza depan museum.

Presiden Asosiasi Pemuda Anatolia, Salih Turha yang memimpin demonstrasi meneriakkan seruan kalau mereka mewakili beberapa ribu umat muslim untuk menuntut izin berdoa didalam Masjid Hagia Sophia. Tindakan itu diadakan bertepatan juga dengan perayaan lagi th. penaklukan Ottoman Konstantinopel.

Hagia Sophia adalah bangunan yang didirikan pada era ke enam. Jadi satu mahakarya arsitektur Byzantium yang mempunyai kubah besar dengan pilar-pilar raksasa. Sedang sisi dinding di desain memakai marmer yang dihiasi dengan mozaik indah nan menakjubkan.

Sesudah kota jatuh pada kekuasaan tentara Sultan Mehmet II, susunan bangunan ditambah lagi dengan empat menara pendukung yang dihiasi dengan interior memiliki nuansa seni Islam. Dalam bhs Yunani nama Hagia Sophia bermakna 'kebijakan yang suci'. Bangunan ini lalu dikonversi sebagai masjid pada th. 1453 saat bangsa Turki mengalahkan Konstantinopel.

Robohnya Kekaisaran Ottoman melahirkan orang-orang Turki modern yang sekuler. Hal semacam itu ditandai dengan reruntuhan-reruntuhan masjid yang dilewatkan beralih manfaat jadi museum pada th. 1935.

(Sumber : Arabnews. com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar